Sabtu, 22 September 2012

Fungsi Lisosom


         Dari tugas terstruktur Biosel bapak Juarno, aku post nih apa sihhh fungsi dari lisosom??? mungkin kirimana ini bisa sedikit ngebantu buat kalian yang punga tugas-tugas yang terkait. sebenernya ini tugas kelompok, temen satu kelompok aku namanya Rani Azizah. Kita anak kelas D Fakultas Bioogi Jurusan Biologi di Universits Jenderal Soedirman.
Langsung aja yachhhh :D

         Lisosom berasal dari kata lyso = pencernaan dan soma = tubuh. Lisosom merupakan kantong yang berbentuk agak bulat dikelilingi membran tunggal yang digunakan sel untuk mencerna makromolekul.Lisosom berisi enzim yang dapat memecahkan (mencerna) polisakarida, lipid, fosfolipid, asam nukleat, dan protein. Enzim itu dinamakan lisozim. Lisosom ditemukan pada tahun 1950 oleh Christian de Duve dan ditemukan pada semua sel eukariotik. Di dalamnya, organel ini memiliki 40 jenis enzim hidrolitik asam seperti protease, nuklease, glikosidase, lipase, fosfolipase, fosfatase, ataupun sulfatase. Semua enzim tersebut aktif pada pH 5. Enzim lisosom adalah suatu protein yang diproduksi oleh ribosom dan kemudian masuk ke dalam RE. Oleh golgi, enzim itu dibungkus membran kemudian dilepaskan di dalam sitoplasma. Jadi proses pembentukan lisosom ada dua macam, pertama dibentuk langsung oleh RE dan kedua oleh badan golgi. Berdasarkan keadaan fisiologisnya lisosom dapat dibedakan atas 2 yaitu lisosom primer dan lisosom sekunder. Lisosom primer yang merupakan lisosom yang baru terbentuk dan terlibat dalam kegiatan degradasi.Sedangkan Lisosom sekunder yang berasal dari vakuola fagositosis (heterofagosom) atau bagian dari sitoplasma yang dibatasi oleh suatu membran (autofagosome) di mana tertuang enzim lisosom primer.Lisosom primer dan sekunder selanjutnya menjadi Telolysosome yang berdegenerasi menjadi residu di dalam sel dan disebut Badan residu pasca­lisosom. Lisosom primer mengandung enzim hidrolase dan dapat bergabung (fusi) dengan vesikula endositosis (heterofagi) atau dengan vakuola autofagi. Hasil dari lisosom sekunder adalah merupakan tempat digesti.

Lisosom berperan dalam pencernaan intra sel, misalnya pada protozoa atau sel darah putih, juga dalam autofagus. lisosom diakui sebagai kompartemen degradatif terminal endocytic jalur,lisosom juga dibutuhkan untuk pencernaan bahan intraseluler yang terpisah selama proses autophagy  Autophagy adalah proses yang sangat diatur secara terorganisasi sistem yang bisa terlibat dalam omzet longlived protein dan seluruh organel (mitokondria dan endoplasma retikulum) atau khusus dapat di beda kan organelnya, sehingga menghilangkan supernumerary atau rusak organel . Secara umum, autophagy terlibat dalam bulk degradasi komponen sitoplasma dalam lisosom.Ini adalah proses di mana sel-sel beradaptasi metabolism yang dapat dikenakan oleh penurunan ekstraseluler.  jalur endocytic untuk masuk ke sel telah mengembangkan mekanisme untuk menghindari terdegradasi oleh lisosom. Namun, fungsi lisosom tidak terbatas pada degradasi protein: lisosom  juga sekering dengan membran plasma selama cedera sel,serta memiliki fungsi sekresi khusus dalam beberapa jenis sel.lisosom dapat dibedakan dari endosomes oleh kurangnya mannose- 6-fosfat reseptor (MPRS). Lisosom mempunyai 5% dari volume intraselular dan dari heterogen ukuran dan morfologi                                                                                                         
          Lisosom memiliki proton-pompa ATPase vacuolar, yang menjaga lumenal lingkungan pada pH 4,6-5,0.Keasaman dalam lumen lisosom dijaga oleh ATPase vacuolar untuk mencapai pencernaan efektif oleh hidrolisis asam. Lisosom tunas dari aparat Golgi. Ketika lisosom sekering dengan phagosomes, vesikula diproduksi oleh endositosis,mereka menjadi phagolysosomes. Atau ketika mereka sekering dengan autophagosomes, yang diproduksi oleh vesikula autophagy, mereka disebut autophagolysosomes. Dalam hal ini intinya, lisosom secara dinamis dipelihara sekering dengan endosomes dalam sel. mekanisme transfer bahan endocytosed dari endosomes ke lisosom tetap kontroversial, dengan beberapa teori yang diusulkan . Pematangan ini termasuk (dari endosome ke dalam lisosom) transportasi, vesikuler (dengan vesikula membawa muatan dari endosomes ke lisosom), pemasukan dan pengeluaran (siklus terus-menerus kontak transient atau penggabungan antara endosomes dan lisosom, selama material ditransfer antara organel dan di hubungkan oleh disosiasi.lisosom mempunyai beberapa fungsi sebagai berikut :
1.    Mentrasfer protein lisosomal ke lisosom
2.    Endositoosis
3.    Fagositosis
4.    Autofagi
5.    Eksositosis

smungkin itu sekedar informasi yang bisa saya bagi buat kalian yang sedang mencari tuga tentang funsi lisosom. Semoga dapat bermanfaat :D





Tidak ada komentar:

Poskan Komentar